Terpilihnya Desa Kumitir sebagai Tempat Pelaksanaan PHP2D STIKES RS Anwar Medika

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) merupakan program keluaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang bermanfaat untuk memajukan Desa dan implementasi kompetensi mahasiswa di masyarakat. Tahun ini Mahasiswa STIKES RS Anwar Medika memilih Desa Kumitir sebagai Desa pelaksanaan PHP2D ini karena melihat dari lokasi Desa yang strategis dan banyak potensi yang bagus untuk dikembangkan.

Tema program yang diangkat di PHP2D Desa Kumitir kali ini yaitu “Penanaman dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai Minuman Herbal Peningkat Imun (IMUt) selama Pandemi, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto”. Menurut Nabilah selaku ketua tim PHP2D, pemilihan tema ini didasari adanya potensi kebermanfaatan jangka panjang. Melihat di desa Kumitir juga banyak lahan yang masih kosong, sehingga bisa dimanfaatkan untuk penananaman TOGA yang mana nantinya dari TOGA tersebut bisa membantu meningkatkan perekonomian warga melalui pengolahan produk herbal yang berkhasiat, khususnya peningkat imun di masa pandemi seperti ini, tutur Nabilah.

Program ini juga direspon baik oleh pihak desa dan pihak desa pun mendukung penuh kegiatan ini. Kegiatan PHP2D di Desa Kumitir dimulai pada bulan September – Oktober. Detail kegiatan sesuai rencana jadwal antara lain: Pembuatan taman TOGA, sosialisasi program produksi minuman herbal dari tanaman TOGA, pembinaan aparatur dan masyarakat sekitar, workshop produksi dan pemasaran, penyiapan rumah produksi, hingga pendampingan proses produksi dan pemasaran secara bertahap. Nantinya dalam pelaksanaan akan menggandeng ibu PKK dan karang taruna untuk menyukseskan kegiatan ini.

Kegiatan PHP2D diawali dengan agenda pembukaan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 3 September 2021. Dimana pembukaan tersebut dihadiri oleh perangkat desa dan ibu PKK desa Kumitir. Pada pembukaan tersebut acara dibuka secara resmi oleh Bapak Mokhamad Khoirun, selaku Kepala Desa Kumitir. Dalam pembukaan tersebut telah dipaparkan program kerja yang akan dilaksanakan selama pelaksanaan PHP2D nantinya. Dari pembukaan tersebut juga terlihat bahwa pihak desa bersedia kooperatif dalam pelaksanaan kegiatan ini. Harapan dari kegiatan ini nantinya semoga dapat memberikan manfaat untuk warga desa Kumitir dan dapat memajukan desa melalui produk unggulan yang akan dipasarkan nantinya.