Amalan di Tahun 2019

Pergantian tahun sudah biasa terjadi. Banyak orang yang mengatakan ini adalah tahun yang tepat untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menyongsong masa depan yang lebih cerah. Yah, itu hanyalah motivasi. Namun apakah kebanyakan sudah menjadi baik? Dalam konteks ini tidak hanya masalah duniawi yang menjadi lebih, namun juga dari sesi agama. Apakah ibadah kita sudah bertambah? Atau malah menurun? Apakah sudah ada amalan andalan atau ibadah rutin kita? Terutama bagi generasi milenial sekarang.

Amalan andalan adalah suatu ibadah yang dilakukan rutin, kontinu dan konsisten terus menerus sehingga amalan tersebut dapat menolong kita kelak di akhirat. Tidak harus ibadah yang bersifat berat, namun juga ibadah yang sifatnya ringan namun dilakukan terus menerus. Ibadah semacam inilah yang harusnya generasi milenial saat ini lakukan.

Contohnya, membaca kalimat-kalimat toyyibah setiap pagi, dzikir kepada Alloh setiap pagi, membaca Alquran rutin dan masih banyak lagi. Meskipun ringan, namun jika tidak konsisten akan terasa berat dan bahkan terkesan mengacuhkan. Meskipun sepele, namun dampaknya besar bagi kita. Dalam sebuah riwayat, amalan andalan juga dapat menjadi penolong kita jika sedang terjadi kesusahan. Sebagai contoh kisah 3 sahabat nabi yang terkurung dalam sebuah goa.

Karena ketiganya memilik amalan andalan yang setiap hari dilakukan, mereka berdoa kepada alloh agar goa yang tadinya tertutup batu besar bisa terbuka. Akhirnya setelah berdoa kepada Alloh, Alloh pun mengabulkan doa ketiganya dan pintu goa berhasil terbuka. Ini adalah hasil dari suatu amalan yaang dilakukan terus menerus tersebut.

Sungguh menakjubkan bukan? Nabi SAW juga bersabda dalam alhadist :

 حَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ* رواه مسلم

artinya :
Amalan yg disukai alloh adalah amalan ringan namun dilakukan rutin secara terus menerus. (HR. Muslim)

Nah, di tahun 2019 ini mari kita rutinkan amalan atau ibadah andalan kita. Mulai saja dari hal yang ringan dan dilakukan rutin secara terus menerus. Karena, di era milenaial kali ini, tidak hanya bekal dunia yang penting, namun ibadah harus nomor satu. (*ilham)