6000 Anggota Senkom Mitra Polri Jatim Siap Dukung Pemilu 2019 Aman dan Kondusif

KIM LAYANG KUMITIR –  Senkom Mitra Polri Jatim berkomitmen untuk berperan aktif dalam menjaga Pemilu tahun 2019 yang jujur, adil dan dilaksanakan secara aman damai sejuk dan kondusif.

Organisasi Masyarakat ini menggelar konsolidasi serta deklarasi organisasi yang bertema “Mendukung Pemerintah Menciptakan Pemilu yang Aman, Damai, dan Sejuk”.

Acara ini digelar di Aula Ponpes Sabilurrosyidin, Surabaya selama dua hari yaitu pada hari Sabtu-Minggu (26-27/1/ 2019).

Selain konsolidasi, ada pula pendidikan dan pelatihan telematika, pembekalan tentang cybercrime, dan pembekalan dari Intelkam Polda Jatim dengan fokus terhadap pengolahan informasi dalam mengamankan Pemilu 2019.

“Kami menyadari bahwa, Pilpres dan Pileg 2019 memiliki tensi yang tinggi. Untuk itu kami menggelar pelatihan telematika deteksi dini, untuk bisa melaporkan kondisi menjelang, saat Pemilu, dan sesudahnya kepada kepolisian, apabila terjadi gesekan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Ketua Senkom Mitra Polri Jatim, Maun.

Acara yang diikuti oleh sekitar 150-an perwakilan Pengkab/kota Senkom tersebut menghadirkan narasumber Pembina Senkom Jatim, KH. Sofyan Abadi, Rosuli. Dia membagikan materi pemahaman cybercrime.  Kasubdit III Ditintelkam Polda Jatim, AKBP Akik Subki turut membagikan materi intelkam.

Dalam kesempatan itu, Maun meminta 6000 anggotanya di seluruh Jawa Timur, untuk membantu pihak kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban saat Pilpres dan Pileg digelar.

Senkom akan berkoordinasi, mengkomunikasikan atau melaporkan kepada pihak kepolisian dan Bawaslu terkait kondisi di lapangan dan agar segera diantisipasi oleh pihak yang berwenang ketika ada ancaman atau pelanggaran Pemilu.

Editor: Anugrah Fitra Nurani

http://jatim.tribunnews.com